Sabtu, 26 Januari 2013

    Penyebab Pipi Merah Saat Kita Malu


        Saat seseorang merasa malu, maka hormon adrenalin akan bekerja secara maksimal (adrenalin adalah hormon yang berhubungan, mengendalikan emosi dan rasa takut), hormon ini bertindak sebagai stimulan alami dan memiliki berbagai efek pada tubuh yang merupakan bagian dari respons. Saat adrenalin meningkat maka nafas dan detak jantung juga akan meningkat. Hal ini dapat memperlambat proses pencernaan sehingga energi di alihkan ke otot. Akibatnya pembuluh darah di wajah akan melebar (vasodilation) dan memungkinkan lebih banyak darah mengalir melalui wajah dari pada biasanya. Kondisi ini akan menyebabkan  wajah seseorang akan memerah.

          Rasa malu biasanya muncul tanpa bisa dikendalikan oleh sistem otak sadar kita, sehingga bagaimanapun kita berusaha mengendalikan rasa malu tersebut gejala pipi yang memerah akan tetap memuncul. Intinya adalah jangan mencoba untuk membohongi diri sendiri.

           Karena bisa jadi pipi yang memerah adalah salah satu komunikasi visual secara tak langsung, dan itulah salah satu sisi menarik dari manusia ^^

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar